info bisnis gratiss

WirausahaKontak Jodoh Mobil Bekas Bisnis Dahsyat tanpa modal

Jumat, 25 Mei 2012

Tanaman Cabai


Cabai Besar (Capsicum annuum L.)
Divisi                : Spermatopyta
Subdivisi           : Angiospermae
Klas                   : Dicotyledonae
Sub kelas           : Sympetale
Ordo                  : Tubiflorae
Famili               : Solanaceae
Genus               : Capsicum
Species              : Capsicum annum L.

            Menurut Ir. Rahmat Rukmana (1994), Cabai besar termasuk tanaman semusim, berbentuk perdu atau setengah perdu, mempunyai sistem perakaran agak menyebar, batang utama tumbuh tegak dan pangkalnya berkayu. Daun tumbuh secara tunggal dengan bentuk sangat bervariasi, yaitu lancip sampai bulat telur dan ujungnya runcing.
Bentuk bunga cabai besar, umumnya tunggal, yang keluar dari ketiak – ketiak daun. Daun bunga berwarna putih atau ungu, dan mempunyai lima benang sari serta satu buah putik. Penyerbukan dapat berlangsung secara silang ataupun menyerbuk sendiri, dan buah yang terbentuk umumnya tunggal. Struktur buah cabai besar, terdiri atas kulit, daging buah, dan didalamnya terdapat sebuah plasenta (tempat biji menempel secara tersusun). Buah cabai banyak mengandung karotein, vitamin A, dan vitamin C.
Sedangkan menurut Huderi (2010) cabe merah atau lombok (bahasa Jawa) adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan.
Menurut Ir. Rahmat Rukmana (1994), cabai umumnya dapat ditanam di dataran rendah sampai pegunungan (dataran tinggi) 2.000 meter dari atas permukaan air laut (dpl) yang mempunyai iklim tidak terlalu dingin dan tidak terlalu lembab. Beberapa literatur menyebutkan bahwa temperatur yang baik untuk pertumbuhan tanaman cabai adalah antara 24C - 27C, dan untuk pembentukan buah pada kisaran 16

 
DAFTAR PUSTAKA
Ir. Rahmat Rukmana.1994.Usaha Tani cabai Hibrida Sistem Mulsa Plastik.Kanisius:Yogyakarta Huderi.Pengertian Cabai. http://huderi.wordpress.com/tag/pengertian-cabai/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar